Sabtu, 21 Juli 2012

Kepala Surat


Kepala surat atau kop surat merupakan format baku yang digunakan dalam membuat surat resmi atau surat dinas. Kepala surat umumnya mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, nomor fax, alamat e-mail dan alamat situs Web.Selain itu kepala surat resmi biasanya menggunakan logo/lambang perusahaan atau instansi tertentu.

Dalam artikel singkat ini saya akan membahas bagaimana cara membuat kop surat menggunakan aplikasi perkantoran yaitu microsoft office word 2007, pertanyaan yang sering muncul yang banyak ditemui oleh sobat yang baru mengenal microsoft word ini adalah bagaimana cara membuat garis bawah yang terdapat dalam kop surat serta cara menyisipkan gambar / logo kedalam kop surat tersebut.

Bagian-bagian kop surat resmi
Kop surat merupakan ciri khusus yang terdapat dalam sebuah surat resmi yang dapat digunakan sebagai identitas suatu perusahaan, instansi maupun organisasi baik pemerintahan maupun swasta, adapun bagian-bagian yang terdapat dalam kop surat, antara lain sbb:
  • Nama perusahaan, lembaga, instansi 
  • Logo 
  • Alamat instansi , perusahaan seperti jalan, no telepon, fax dan alamat email
Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2007

Untuk mememulai membuat kop surat resmi yang mengguankan logo perusahaan, organisasi maupun instansi pemerintah, siapkan terlebih dahulu logo yang  nantinya akan kita sisipkan pada kop surat yang akan dibuat. Setelah langkah persiapan telah dilakukan kita mulai dengan membuka aplikasi Ms office.

Cara membuat garis bawah dalam kop surat resmi

Membuat garis bawah pada kop surat sebenarnya tidaklah sulit,  namum masih banyak sobat yang bingung dalam hal ini, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat garis bawah pada kop surat resmi :
  • Menggunakan garis bawah dengan tanda kurang  ( - ) 3x. kemudian klik Enter
Kop surat
  • Menggunakan sama dengan ( = )3x. kemudian klik Enter
Kop surat
  • Menggunakan  tanda pagar (# ) 3x. kemudian klik Enter.
Kop surat

Cara menyisipkan logo / gambar kedalam kop surat

Setelah format kop surat telah jadi dan telah diberi garis bawah, selanjutnya kita akan menyisipkan logo kedalam kop surat tersebut. Pilih menu >>INSERT yang terdapat pada menu Ms office, kemudian pilih >>PICTURE .

Contoh Kop Surat dan cara membuat

Lakukan pengaturan tata letak logo agar sesuai dengan format kop surat yang dibuat.

Jika ada pertanyaan mengenai cara membuat kop surat di microsoft word 2007 silahkan isi pertanyaan pada kolom komentar.

1 komentar:

  1. wahh jadi terlihat mudah dengan menggunakan gambar ya mas, salam http://www.syahdanshare.com

    BalasHapus